Header Ads

Breaking News

Manfaat dan Jenis-Jenis Anuitas


Anuitas adalah kontrak di mana perusahaan asuransi memberikan pembayaran secara berkala sebagai imbalan premi yang telah Anda bayar. Anuitas umumnya dibeli untuk pendapatan pensiun.


Anuitas memiliki manfaat dalam setiap situasi:

Bagi orang yang kaya, membeli anuitas dapat mengamankan pendapatan masa depan, bahkan jika aset mereka lainnya hilang. Mereka mendapatkan kepastian penghasilan.
Bagi orang dengan kekayaan sederhana, anuitas dapat membantu menyediakan sumber pendapatan yang berkelanjutan sehingga tetap mandiri secara finansial di hari tua. Selain itu, mereka akan terbebas dari kerepotan mengelola investasi dan aset.
Ada banyak kategori anuitas, yang dapat diklasifikasikan menurut sifat investasi yang mendasari, periode akumulasi, sifat komitmen pembayaran dan pengaturan premi.

1. Sifat investasi yang mendasari: anuitas tetap atau variabel
Anuitas tetap memiliki tingkat bunga tertentu, mirip dengan bank Sertifikat Deposito (CD). Dalam anuitas tetap, perusahaan asuransi memberikan jaminan pokok dan tingkat bunga minimum. Dengan kata lain, asalkan perusahaan asuransi bagus secara finansial, uang yang Anda tanamkan dalam anuitas tetap akan tumbuh dan tidak mengalami penurunan nilai. Pertumbuhan nilai anuitas dan/atau pendapatan yang dibayarkan mungkin sudah ditetapkan dalam rupiah atau suku bunga tertentu. Pertumbuhan nilai anuitas tidak tergantung secara langsung pada kinerja investasi perusahaan asuransi yang mendukung anuitas tersebut. Beberapa anuitas tetap memberikan suku bunga yang lebih tinggi daripada minimum jika investasi aktual, beban dan pengalaman mortalitas perusahaan lebih baik dari yang diharapkan.

Jika Anda membeli anuitas variabel, uang Anda dapat diinvestasikan dalam instrumen investasi bertingkat pengembalian tidak tetap, terutama pada reksadana. Nilai uang Anda dalam anuitas variabel dan jumlah uang yang akan dibayarkan kepada Anda tergantung pada kinerja investasi setelah dikurangi biaya pengelolaan dana itu. Untuk memberikan kepastian, perusahaan asuransi dapat memberikan jaminan bahwa dana anuitas Anda tidak akan pernah jatuh di bawah nilai tertentu.

2. Periode akumulasi: anuitas tangguhan (deferred) atau segera (immediate)
Anuitas tangguhan memiliki masa di mana premi dan hasil investasi diakumulasikan sebelum dilakukan pembayaran berkala. Masa akumulasi ini bisa sangat lama, seperti anuitas tangguhan untuk dana pensiun yang berlangsung selama beberapa dekade sampai karyawan mencapai usia pensiun.

Anuitas segera mulai membayarkan pendapatan berkala satu periode setelah anuitas dibeli. Periode itu tergantung pada seberapa sering pendapatan akan dibayar. Sebagai contoh, jika pendapatan adalah bulanan, pembayaran pertama dilakukan satu bulan setelah anuitas segera dibeli.

3. Sifat komitmen pembayaran: anuitas periode tetap, jumlah tetap, atau seumur hidup
Anuitas periode tetap membayar penghasilan untuk jangka waktu tertentu, misalnya sepuluh tahun. Jumlah penghasilan yang dibayarkan tidak tergantung pada umur atau keberlanjutan hidup dari orang yang membeli anuitas tersebut (disebut anuitan). Jumlah penghasilan yang dibayarkan hanya tergantung pada premi yang dibayarkan ke dalam anuitas itu, panjang masa pembayaran, dan pengembalian investasi yang diakumulasikan. Anuitas jumlah tetap memberikan penghasilan dalam jumlah tertentu sampai saldo premi dan pengembalian investasi habis dibayarkan.

Anuitas seumur hidup memberikan penghasilan untuk sisa umur anuitan. Sebuah variasi dari anuitas seumur hidup terus memberikan penghasilan sampai dua pasangan anuitan meninggal (joint-life annuity). Jumlah yang dibayarkan tergantung pada usia anuitan, premi yang dibayarkan ke anuitas, dan pengembalian investasi yang diakumulasikan.

Jenis anuitas seumur hidup yang dipakai sebagai manfaat pensiun di Indonesia (seperti pada PNS dan TNI) umumnya memberikan pembayaran berkala setiap bulan sampai seumur hidup peserta utama, kemudian dilanjutkan pasangannya (janda/duda) sebesar 60% dari manfaat bulanan peserta utama, kemudian turun ke anaknya sebesar 33,33% dari manfaat pensiun janda/duda maksimal sampai anak ke-3  yang belum mencapai usia 25 tahun, belum menikah dan belum bekerja.

Dalam anuitas seumur hidup, sumber penghasilan berasal dari tiga “dompet”: investasi Anda, pendapatan investasi dan uang dari sebuah pool orang dalam kelompok Anda yang meninggal lebih dulu dari Anda. Ini adalah pengaturan yang khas pada anuitas, yang memungkinkan perusahaan anuitas untuk menjamin penghasilan seumur hidup Anda.

4. Pengaturan pembayaran premi: anuitas premi tunggal atau premi fleksibel
Anuitas premi tunggal didanai oleh sebuah pembayaran tunggal. Anuitas premi tunggal dapat bersifat tangguhan atau segera. Kebanyakan anuitas tunggal didanai dari tabungan pensiun yang jatuh tempo pada DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan). Bila Anda tergabung sebagai peserta DPLK, pada usia pensiun Anda, 80% saldo pensiun Anda  akan dibelikan anuitas premi tunggal. Pembayaran berkala dari anuitas ini bebas pajak karena dianggap sebagai manfaat asuransi.

Anuitas premi fleksibel adalah anuitas yang didanai oleh serangkaian pembayaran premi. Anuitas fleksibel selalu bersifat tangguhan, yaitu dirancang untuk memiliki jangka waktu yang cukup untuk mengakumulasikan premi dan pendapatan investasi sebelum uang dapat dibayarkan secara berkala.

Sebuah anuitas dapat diklasifikasikan dalam beberapa kategori sekaligus. Sebagai contoh, anuitas yang dibeli dari pencairan dana pensiun yang jatuh tempo adalah  anuitas tetap- premi tunggal- seumur hidup- segera. Artinya, anuitas itu didanai dari sebuah premi tunggal, diinvestasikan ke dalam instrumen investasi berpendapatan tetap dan pembayaran manfaatnya segera pada bulan berikutnya sampai seumur hidup anuitan.

No comments